Daftar Peralatan Mendaki Gunung Untuk Pemula

Artikel ini saya buat berdasarkan pengalaman dan beberapa permintaan dari kawan sekaligus kenalan.

Begitu banyak kawan maupun kenalan yang begitu memaksa diri untuk memiliki segala perlengkapan mendaki dalam sekali beli.

Jika secara finansial mencukupi, bukan sesuatu yang merepotokan, tapi bagaimana dengan mereka yang ingin sekali merasakan sebagai seorang pendaki namun dengan finansial yang pas-pas an seperti hal nya saya.

Untuk itulah artikel ini saya buat,

Daftar Peralatan Mendaki Gunung Untuk Pemula

Peralatan Mendaki Gunung Untuk Pemula





Pemula adalah ditujukan kepada seseorang yang secara teknis belum tahu apa-apa tentang kondisi yang akan dilakukannya.

Termasuk untuk peralatan-peralatan yang jika membeli sembarangan, belum pasti bisa digunakan seterusnya atau kemungkinan terburuknya adalah tidak sesuai dengan passion kamu.

Sebelum itu, saya akan memberikan sedikit gambaran soal anggaran yang untuk membeli peralatan pendaki gunung dalam lwo-budget, anggaran yang perlu kamu siapkan untuk peralatan mendaki kisaran 2-3jt.

Baca juga : Harga Minimal Peralatan Mendaki Anbusenja

Nah, maka dari itu akan coba saya berikan beberapa daftar peralatan mendaki gunung untuk pemula, yang bisa kamu cicil dan tidak perlu khawatir jika perlengkapan tersebut tidak berfungsi ketika kamu sedang libur dalam mendaki.

Oke. Mari kita urutkan satu-persatu ya.

Sleeping Bag

Atau kantong tidur.  Pperalatan mendaki gunung yang satu ini tidak hanya bisa dipakai saat mendaki gunung saja. Tapi bisa dipakai saat dirumah ataupun di kostan.

Jika suatu waktu, kamu tidak melakukan kegiatan mendaki karena suatu hal, maka peralatan mendaki gunung ini bisa kamu pakai sebagai pengganti selimut.

Jika saya boleh merokomendasikan nih ya.

Bila kamu mendaki gunung, hanya mengikuti tren saat ini, saya sarankan untuk membeli dan memakai jenis sleepingbag yang low budget

Alasannya adalah, jika tren nya berubah dan sedari awal tidak ada niat untuk mendalami dunia mendaki, maka sudah dipastikan akan mubadzir peralatan kamu jika akhirnya terlanjur membeli dengan merk terkenal.

Saya - Pertama kali membeli SleepingBag jika tidak salah tahun 2013. Kala itu tren mendaki gunung tidak segila dan seramai sekarang.

Meskipun saya sendiri memulai aktifitas mendaki gunung sudah sejak tahun 2005 silam, tapi aku baru mampu membeli salah satu perlengkapan penting ini setelah 8 tahun kemudian.

Itupun masih dalam kisaran harga yang masih sangat terjangkau bagi saya yang masih dalam kategori pendaki kelas menengah. Yakni Rp.180.000,- [toko peralatan outdoor jogja]

Dengan nominal segitu, jika membeli SB dimasa sekarang maka sudah mendapatkan SB yang cukup bagus.

Jaket Gunung

Peralatan Mendaki Gunung Untuk Pemula
@Gunung Merbabu - 2015

Jaket, juga salah satu perlengkapan wajib untuk para pendaki gunung.

Perlengkapan ini masuk kedalam daftar peralatan wajib mendaki gunung untuk pemula versi anbusenja karena sudah barang tentu jaket tidak melulu dipakai saat mendaki gunung. Tapi juga bisa dipakai untuk keseharian.

Misal ke sekolah, ke kantor atau jalan-jalan.

Secara kualitas memang selalu diikuti dengan harga yang membelalakan mata. Tapi jangan khawatir, masih banyak kok jaket gunung yang secara fisik tidak jauh beda dengan jaket gunung dari brand-brand terkenal.

Bahkan beberapa kali saya sendiri mendapati jaket gunung dengan bahan yang asal-asalan dan sama sekali tidak memperhitungkan estitika maupun kualitas barang.

Para pendaki muka lama, saya rasa akan sangat gampang membedakan kualitas jaket tersebut dari penampilan dan dari bahannya setelah diraba.

Setiap pendaki memang mempunyai Style sendiri untuk kasus ini, tapi percayalah kualitas jaket yang baik akan memberi kamu kenyamanan saat di atas gunung.

Pun jika memang sedang breakpun, jaket kamu masih bisa kamu gunakan untuk keseharian.

Dari harganya masih relatif. Kisaran Rp.200.000,- s/d Rp.500.000,-

Sendal Gunung

Sepertinya tidak afdol jika seorang pendaki gunung tidak memiliki Sendal Gunung.

Setidaknya seperti itu yang pernah saya rasakan terhadap penilaian para remaja yang mengklaim dirinya seorang pendaki gunung, meskipun baru sekali mendaki gunung. 😁

Sendal Gunung sudah merupakan barang familiar, yang bahkan mereka yang belum pernah mendaki gunung saja banyak yang memakainya.

Peralatan ini saya masukan kedalam daftar ini, mengingat namanya saja sudah "sendal gunung" meskipun saya sendiri sudah jarang memakai sendal gunung saat melakukan pendakian.

Alasan saya adalah size nya.

Selain berat, sendal gunung juga cukup memakan tempat. Hal ini berlaku jika mendaki gunung dengan membawa sendal gunung dan sepatu gunung secara bersamaan.

Saya sendiri sudah sangat jarang membawanya. Dan sebagai gantinya, saya memakai sendal jepit. Yang saya gunakan biasanya maksimal sampai pos 2 dijalur pendakian.

Sepatunya gimana?

Selalu aku masukan kedalam keril.

Bukankah berat?

Yaps, setidaknya itulah caraku agar teman-teman mendaki ku tidak aku tinggal.

Btw, sendal gunung sekarang sudah murah-murah. Kisaran dari harga Rp.100.000,- s/d 250.000,-.

Mulai dari brand lokal abal-abal maupun brand lokal yang sudah teruji kualitasnya.

Saya, pertama kali membeli sendal gunung tahun 2009. Kemudian beli lagi di tahun 2011 dan sampai sekarang masih aku pakai sendal gunung tersebut. 😁

Tas Pinggang

Peralatan Mendaki Gunung Untuk Pemula
@Gunung Api Purba
Tas pinggang, berfungsi untuk menyimpang peralatan-peralatan pendukung lainnya yang bersifat responsive. [Tentang Gunung Api Purba]

Semisal headlamp, p3k, pisau, handphone, powerbank, tali, dll.

Kisaran harganya adalah Rp.150.000,- s/d 200.000,-

Dengan harga segitu, kamu sudah bisa mendapatkan tas pinggang yang cukup bagus dan mampu menunjak pendakian kamu maupun aktifitas keseharian kamu.

Tas Daypack


Adalah Tas Ransel. Bukan Tas Carrier lho ya.

Walaupun secara pendanaan kata cenderung sama, tapi saya ingin membedakan bahwa tas daypack adalah tas yang dipakai untuk sehari-sehari.

Tas Daypack sepertinya peralatan mendaki gunung yang wajib kamu miliki sebagai seorang pendaki pemula, sebelum kamu akhirnya membeli tas keril.

Dengan ukuran tas yang paling besar adalah  45L, sudah cukup membuat tubuh kamu menyesuaikan dengan medan gunung yang ada.

Jangan khawatir, pada beban tersebut sudah akan membuat kamu kepayahan dengan membawa segala perlengkapan kamu.

Setelah akhirnya terbiasa memakai daypack dan bertambahnya jam terbang kamu dalam mendaki gunung, disitulah waktunya kamu mencoba ukuran yang besar dan masuk kedalam kategori keril,

Tapi jangan salah, meskipun kamu sudah membeli tas keril, maka daypack kamu akan tetap bisa dipakai kok.

Jika tidak untuk keseharian karena cukup besar pada ukuran 45L, setidaknya bisa kamu pergunakan utnuk pulang kampung bila memakai tas keril dirasa terlalu besar.

Dan lagi-lagi, anak perantuanlah yang banyak diuntungkan disini.

Headlamp

Sebagaimana arti dari kata diatas yakni lampu kepala maka pencahayaanpun bisa kamu butuhkan bahkan saat dirumah.

Mencari sesuatu dikolong kasur, atau memperbaiki sesuatu dengan kondisi pencahayaan yang kurang.

Saya sendiri sangat terbantu dengan peralatan ini. Secara saya adalah manusia bermata empat. Jadi tidak mengherankan jika diwaktu siangpun, saya masih menggunakan headlamp ketika sedang mencari atau memperbaiki dikantor.

Bahkan pernah sesekali aku pakai dalam bersepeda ketika kemalaman.

Dengan ukuran yang sangat kecil namun dengan  intensitas cahaya yang sangat terang, saya rasa peralatan ini wajib kamu punyai.

Ponco

Peralatan Mendaki Gunung Untuk Pemula
@Gunung Ungaran - Break 2017
Atau mantel betmen.

Sudah jelas jika kamu tidak sedang mendaki gunung, maka ponco bisa kamu pergunakan kedalam aktifitas harian.

Terlebih ketika memasuki musim penghujan. [Pendakian Gunung Api Purba]

Dengan harga dibawah Rp.100.000,- saja kamu sudah mendapatkan ponco atau mantel dengan kualitas bagus.

Matras

Matras, berfungsi untuk alas tidur.

Sekalipun ada kawan kamu yang mempunyai tenda, biasanya mereka tidak menyediakan matras tambahan.

Maka dari itu, kamu wajib memenuhi kebutuhan wajib kamu sendiri.

Harga matras sekarnag tidak lebih dari Rp.50.000,- jadi sangat terjangkau.

Sekalipun tidak dipakai untuk mendaki gunung, matras bisa kamu pakai untuk alas dikostan atau kontrakan. Atau mungkin alas untuk kamu yang sedang berpergian.


=== A ===

Itu dia peralatan mendaki gunung yang bisa kamu cicil dahulu sebelum kamu memutuskan untuk membeli yang lainnya.

Masih banyak peralatan lain yang musti kami lengkapi. Akan tetapi jika kamu seorang pemula maka akan ada orang lain yang bisa membackup peralatan kamu dan mereka akan memakluminya.

Namun setidaknya, peralatan diatas adalah peralatan yang kamu tidak perlu meminjam sana sini

anbusenja Seorang karyawan yang menyukai kegiatan menulis dengan tulisan garing.

Belum ada Komentar untuk "Daftar Peralatan Mendaki Gunung Untuk Pemula"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel